Syarat Pembimbing Skripsi

Ada posting bagus di milis evaluasi dikti, di copy paste untuk kepentingan arsip ;-)

SK/Peraturan ttg “pembimbing skripsi”
http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Kepmen38-Waspan-8-1999FungsionalDosen.pdf
Kepmenkowasbangpan no 38/KEP/MK.WASPAN/8/1999 tentang jabatan fungsional dosen dan angka kreditnya

BAB V
RINGKASAN TUGAS POKOK, WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB DOSEN MENURUT
JENJANG JABATAN DAN JENJANG GELAR YANG TELAH DIPEROLEH
(1) Rincian Kegiatan Asisten Ahli, yaitu :
Melaksanakan (M) kegiatan pendidikan dan pengajaran pada program pendidikan Sarjana/Diploma.
Kegiatan pendidikan dan pengajaran pada Pasca Sarjana serta bimbingan tugas akhir penelitian mahasiswa untuk pembuatan skripsi,thesis dan disertasi diatur sebagai berikut:

1. Asisten Ahli yang berijazah Sarjana/Diploma IV membantu (B) kegiatan
bimbingan pembuatan skripsi;
2. Asisten Ahli yang berijazah Magister/Spesialis I melaksanakan (M) bimbingan pembuatan skripsi dan membantu (B) kegiatan bimbingan pembuatan thesis, serta membantu (B) kegiatan pendidikan dan pengajaran pada program Magister;
3. Asisten Ahli yang berijazah Doktor/Spesialis II melaksanakan (M) bimbingan pembuatan skripsi dan thesis, membantu (B) kegiatan bimbingan pembuatan disertasi, melaksanakan (M) kegiatan pendidikan dan pengajaran pada program Magister, serta membantu (B) kegiatan pendidikan dan pengajaran pada program Doktor.

PS : M = melaksanakan artinya sebagai dosen pembimbing utama, B =
membantu artinya sebagai dosen pembimbing pendamping

(2) Rincian Kegiatan Lektor Yaitu:
…………………………

………………………….
Kegiatan pendidikan dan pengajaran pada program Pasca Sarjana serta bimbingan tugas akhir penelitian mahasiswa untuk pembuatan skripsi, thesis dan disertasi diatur sebagai berikut :

- Lektor yang berijazah Sarjana/Diploma IV melaksanakan (M) kegiatan pembinaan skripsi dan membatu (B) kegiatan bimbingan pembuatan thesis.
- Lektor yang berijazah Magister/Spesialis I melaksanakan (M) bimbingan pembuatan skripsi dan thesis, serta diserahi tugas (D) kegiatan pendidikan dan pengajaran pada program Magiser, serta
membantu (B) kegiatan pendidikan dan pengajaran pada program Doktor.
- Lektor yang berijazah Doktor/Spesialis II melaksanakan (M) bimbingan pembuatan skripsi dan thesis, membantu (B) kegiatan bimbingan pembuatan disertai, melaksanakan (M) kegiatan pendidikan dan pengajaran pada program Magister, serta membantu (B) kegiatan pendidikan dan pengajaran pada program Doktor.

==============================================================

Berpedoman pada Kepmenkowasbangpan no 38 Bab V ini maka oleh masing-masing pimpinan PT dibuat peraturan skripsi / panduan penetapan dosen pembimbing yang salah satu persyaratannya ( yang berkaitan dengan kualifikasi akademik dosen ) sbb:

- Dosen pembimbing utama penulisan skripsi serendah-rendahnya memiliki jabatan akademik LEKTOR atau ASISTEN AHLI yang memiliki gelar Magister/Spesialis I atau II /Doktor
- Dosen pembimbing pendamping penulisan skripsi serendah-rendahnya memiliki jabatan akademik ASISTEN AHLI

Tentu selain persyaratan tsb, masih ada persyaratan lain seperti lamanya masa kerja (diatur masing-masing PT), keahlian/kompetensi dosen tsb HARUS sesuai dengan materi skripsi mahasiswa yang dibimbingnya.

DALAM HAL TIDAK ADA DOSEN PEMBIMBING YANG MEMENUHI PERSYARATAN KUALIFIKASI DOSEN ( misalnya hanya tersedia dosen dengan jafung AA yang memiliki keahlian yang relevan dengan topik skripsi ) maka ketua jurusan / prodi boleh menetapkan kebijakan pengecualian dengan persetujuan pimpinan PT. Kebijakan ini diterapkan di mayoritas PTS dan di beberapa PTN seperti UGM, UB dll. Namun ada persyaratan yang tak bisa ditawar lagi yaitu DOSEN YBS HARUS MEMILIKI JABATAN AKADEMIK.

Sekian info yang bisa saya berikan, welcome dilengkapi atau diluruskan oleh sahabat-sahabat yang mungkin lebih menguasai. Terima kasih.

Wassalam,
Fitri

Incoming search terms for the article:

  • tugas pembimbing skripsi
  • SYARAT PEMBIMBING SKRIPSI
  • pembimbing skripsi
  • SK Pembimbing Skripsi
  • yhs-0001

39 thoughts on “Syarat Pembimbing Skripsi

  1. victor

    ya iyalah …
    itu kan lembaga pendidikan tinggi bukan kursus. jadi, seorang pembimbing selain harus memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing, juga dibuktikan dengan adanya jabatan akademik.

  2. Lizard Wijanarko

    Baru tahu nih ada syarat juga jadi pembimbing skripsi.. he he he

    Di kampusku pada urakan, langsung comot modelnya… Terimakasih atas infonya bisa aku share ke group saya di facebook…

  3. kis

    Mengurus jabatan fungsional merupakan tanggungjawab dosen. Artikel dan informasi ini sangat berharga bagi dosen dosen muda untuk sejak dini mengurus apa apa yang penting bagi jenjang akademik nya..Thanks

  4. Sharindo

    Pembimbing skripsi yang memenuhi syarat akan dapat membina mahasiswa dalam menyusun skripsi yang baik dan bermutu. Dengan demikian, para lulusan sarjana akan memiliki kualitas yang baik. Selamat dan sukses untuk kita semua.

  5. mutiara

    bagaimana jika dosen yang jelas-jelas tidak punya JJA ngotot mau membimbing skripsi??? bagaimana respons yang harus diberikan?

  6. Paramadharma

    Tanggung jawab sebagai pembimbing skripsi termasuk berat karena menjadi bagian untuk mempersiapkan calon sarjana agar menjadi lulusan yang dapat diandalkan. Selamat dan sukses bagi para pembimbing skripsi dan kita semua.

Comments are closed.